Pergi jalan-jalan menggunakan mobil pribadi sering kali dianggap boros karena memakan biaya yang cukup besar. Untuk itu, banyak orang yang memerlukan info mengenai tips memilih liburan hemat dengan mobil pribadi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari cara mengisi BBM, cara mengemudi, jumlah orang yang akan ikut jalan-jalan, sampai alat keamanan yang harus dibawa. Semua itu bisa membuat liburan Anda menjadi lebih hemat jika dipersiapkan dari awal dan simaklah ulasan berikut ini.

1. Isi bensin penuh saat malam hari

Mengisi penuh bensin mobil Anda saat malam hari merupakan cara efektif untuk mengirit biaya pengeluaran saat liburan menggunakan mobil pribadi. Itu karena jika Anda mengisi bensin pada malam hari, kadar gas akan menjadi lebih kecil sehingga cairan bensin yang ada dalam tangki jadi lebih banyak.Dengan begitu, pembakaran akan menjadi lebih lancar namun irit dibanding mengisi bensin saat siang hari, dimana kadar gas bensin lebih banyak daripada cairan.

2. Pergi dengan teman

Liburan dengan mengajak teman akan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Selain itu juga bisa membuat pengeluaran lebih irit. Pasalnya, Anda bisa membagi biaya pengeluaran operasional mobil dengan teman Anda. Misalnya biaya untuk mengisi bahan bakar.

3. Mengemudi secara bergantian

Saat pergi liburan bersama teman, ada baiknya Anda mencari teman yang juga bisa mengemudi. Hal itu akan sangat membantu karena apabila perjalanan yang ditempuh cukup jauh, maka Anda bisa bergantian dalam mengemudikan mobil. Lalu apa hubungannya dengan menghemat?

Jika Anda mengemudi sendiri dalam waktu yang lama, kemungkinan Anda akan sering berhenti setidaknya untuk beristirahat dan makan. Itu akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih sering pula. Sementara jika mengemudi secara bergantian, maka Anda tidak perlu sering berhenti untuk mengistirahatkan diri, cukup berhenti untuk mengganti posisi saja.

4. Bawa camilan secukupnya

Ketika Anda akan pergi liburan, hasrat untuk membeli makanan dan camilan pasti membuat Anda lupa diri dan akhirnya memakan biaya yang cukup banyak. Maka dari itu, beli dan bawalah camilan secukupnya untuk menekan biaya.

5. Bawa dongkrak dan kawan-kawannya

Membawa dongkrak dan kawan-kawannya merupakan salah satu variable terpenting yang harus Anda lakukan saat hendak pergi berlibut dengan kendaraan pribadi. Sebab, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan seperti mobil mogok, Anda bisa menanganinya sendiri. Anda tidak perlu menyewa jasa derek mobil dan sebagainya jika memang belum benar-benar dibutuhkan.