Menambahkan lampu LED sein di belakang kaca spion saat ini mulai menjamur di kalangan masyarakat di kota besar. Penambahan lampu LED sein ini dipandang sebagai langkah efektif untuk mencegah kecelakaan serta menambah kewaspadaan pengguna kendaraan lain di jalan raya. Hal ini dikarenakan tanda sein yang muncul dari balik kaca spion seakan ‘memberitahukan’ pengendara lain untuk menepi atau mencari arah laju yang lain.

Selain untuk masalah keaaman karena membuat pengendara lain lebih waspada, keunikan bentuk pada lampu LED sein di kaca spion semakin mempercantik tampilan mobil Anda karena bentuk susunan LED yang unik. Produsen umumnya menggunakan bentuk anak panah dalam menyusun lampu LED tersebut. Selain itu, pilihan warna yang ditawarkan cukup beragam, seperti kuning, biru, merah, putih atau hijau sehingga pemilik kendaraan dapat  menyesuaikannya dengan warna mobil.

TIPS MEMASANG LAMPU LED SEIN DI KACA SPION

Saat ini lampu LED mudah ditemukan di berbagai gerai aksesoris mobil, baik toko fisik maupun toko online. Harganya pun cukup terjangkau, mulai 50-70 ribu per set, belum termasuk ongkos pasang. Bila Nissan Lovers ingin memasang sendiri lampu LED Sein pada kaca spion kendaraan untuk menghemat pengeluaran, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

●      Cuci Spion Terlebih Dahulu

Cuci spion Anda sebelum mulai memasang lampu LED. Tujuannya adalah agar debu-debu yang sebelumnya menempel tidak menimbulkan kerak pada sambungan kabel. Gunakan sabun cuci mobil untuk mencuci spion. Bila tidak ada, Anda dapat menggantinya dengan sampo anti ketombe yang tidak mengandung kondisioner. Hal ini agar isolasi pada cover spion tidak mudah mengelupas.

●      Cek Kondisi Aki

Perhatikan juga kondisi aki sebelum mulai membeli. Lampu LED sein di belakang kaca spion butuh voltase rata-rata 12 V DC. Pastikan daya tersebut masih cukup untuk menyuplai listrik pada mobil.

●      Rapikan Pemasangan Kabel

Hindari memasang kabel yang berjuntai. Sebaiknya, rapatkan kabel menjadi satu dengan kabel ties kecil. Selain itu, pastikan pita isolasi pada sambungan kabel sudah benar-benar rapat. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting ketika kabel terkena air atau penghantar listrik lainnya.

●      Lakukan Double Cek pada Instalasi Lampu

Sebelum memasang cover spion, sebaiknya coba dahulu lampu sein Anda, apakah sudah dapat bekerja dengan baik dan normal. Sering orang salah memasang kutub kabel sehingga lampu tak bekerja dan terjadi korsleting.

Itulah beberapa tips aman memasang lampu LED Sein di kaca spion. Lampu LED sendiri sudah diterapkan dalam desain mobil, salah satunya Nissan March yang terpasang pada lampu bagian belakang. LED Rear Combination Lamps dipasang mengikuti bentuk body dengan inovasi LED yang memiliki cahaya lebih terang serta mudah terlihat dari kejauhan. Itu belum termasuk dengan lampu LED yang terpasang di spoiler belakang yang semakin meningkatkan keamanan dan kewaspadaan saat berkendara.