Langkah-langkah Menghadapi Mobil yang Terendam Banjir

Padatnya Ibukota membuat Jakarta menjadi salah satu kota yang sering terendam banjir. Dengan demikian untuk memudahkan pekerjaan justru telah banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan kendaraan. Terutama mobil yang memenuhi barisan lalu lintas Ibukota. Maka sebagai pengendara, Nissan Lovers harus cerdas menghadapinya. Berikut beberapa langkah untuk menghadapai mobil yang terendam banjir:

1. Jangan Menyalakan Mesin Saat Terendam Air

Alangkah baiknya Nissan Lovers, untuk memindahkan mobil Anda yang terlanjur terendam banjir ke tempat lain sebaiknya di dorong saja. Sejauh apapun jaraknya, sesulit apapun kondisinya. Hal ini dikarenakan sebagai tindakan pencegahan agar air mudah masuk kedalam mesin. Selain menyebabkan korsleting pada aki, mesin akan soak saat bekerja meskipun sudah dikeringkan. Mesin yang soak ini akan berdampak dalam kurun waktu yang lama.

2. Lepaskan Kabel Negatif Aki

Hal terpenting lainnya yang wajib Nissan Lovers ketahui adalah segera lepaskan kabel negatif aki. Aki sebagai komponen yang paling erat dengan kelistrikan yang ada di dalam mobil, baik itu lampu maupun aksesori audio lainnya. Sedangkan air sebagai penghantar yang baik sehingga menyebabkan arus pendek atau korsleting dan yang paling cepat mengalami kerusakan adalah komponen listrik dalam mobil.

3. Cek Kondisi Oli

Walaupun banjir telah surut dan mobil Anda siap untuk digunakan kembali, mari cek kondisi oli. Sebagai langkah antisipasi, gunakan kembali mobil Anda hanya saat oli tidak tercampur dengan air. Jika sudah dalam kondisi tercampur, silahkan kuras oli Anda dan menggantinya dengan yang baru. Hal ini menghindari kerusakan yang timbul dalam jangka waktu yang lama serta demi keamanan mobil Anda.

Selain beberapa hal diatas, bawa mobil Anda menuju Dealer untuk pengecekan lebih lanjut. Terutama untuk masalah ECU yang sangat sensitif apabila terkena air. Kebanyakan apabila sudah terendam banjir, tak dipungkiri bahwa kondisi ECU dalam keadaan rusak. Berbeda jika Anda adalah pemilik Nissan Nevara. Posisi clearance yang cukup tinggi membuat Nevara tahan terhadap banjir. Selain itu, posisi mesin yang tinggi juga membuat Navara tangguh menerjang banjir serta didukung dengan tenaga serta ukuran bodi mobil yang sama-sama besar. Jadi Nevara adalah jawaban Ibukota saat banjir datang melanda.