Pemilik mobil biasanya tidak mau ribet berurusan dengan perawatan mobil. Merekacenderung menyerahkan kepada pihak bengkel. Apalagi mobil berjenis X-trail dengan bodiyang lumayan bongsor. Namun sangat disayangkan, pengisian oli X-Trail sesungguhnyadapat diganti sendiri dengan mudah. Nissan Lovers, berikut bahasannya.

1. Buang Oli Bekas

Pertama-tama angkatlah mobil Anda menggunakan dongkrak agar posisinya lebih naik. Hal ini memudahkan untuk membuang oli bekas. Bengkel modern pada umumnya akan mengangkat dengan menggunakan bantuan pompa hidrolik. Jika Anda menggunakan dongrak, pastikan Anda mengganjal roda mobil Anda dengan balok. Minta bantuan orang sekitar agar saat menaikkan dongkrak tepat sasaran.

Selanjutnya panaskan mobil Anda selama 2-3 menit guna mendapatkan suhu yang baik untuk pembuangan oli. Suhu yang pas adalah tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin sehingga, oli menjadi encer. Kondisi ini menyebabkan kotoran yang mengendap selama oli dingin akan ikut tercampur bersama oli bekas. Selain itu, oli jadi cepat turun saat tutup dibuka. Sehingga, tabung silinder akan bersih secara keseluruhan.

Kemudian taruhlah penampung oli bekas tepat dibawah sasaran, bukalah baut, tunggu sampai mengalir ke penampungan hingga tidak ada lagi oli yang menetes.

2. Mengganti Saringan Oli

Alangkah baiknya filter yang telah kotor diganti dengan yang baru. Pasang dengan menggunakan bantuan kunci. Pemasangan yang terlalu ketat dianggap tidak baik karena dapat menyebabkan ulir menjadi rusak. Sehingga ada kemungkinan oli bocor dikemudian hari.

3. Tuangkan Oli Baru

Buka kap mesin mobil Anda. Tuangkan oli baru sesuai jumlah dan volume. Umumnya 4 liter. Kemudian cek volume oli menggunakan bantuan dipstick. Jika sudah pas, tutup dengan rapat agar oli tidak tumpah dan membanjiri bagian kap yang lain. Bersihkan kapnya. Nyalakan mobil dan panaskan selama 2-3 menit. Lampu indikator tekanan oli akan mati setelah mesin menyala. Posisikan persneling pada netral dan rem tangan terpasang. Pastikan tidak ada kebocoran pada tempat oli bagian bawah.

Demikian juga dengan Nissan Terrano yang mengalami evolusi menjadi Nissan Terra. Bodinya yang semakin tangguh tidak menjadi penghalang agar perawatan dilakukan secara mandiri oleh pemiliknya, Nissan Lovers.