Menjamurnya pengendara mobil yang kurang pengetahuan telah membanjiri kota-kota besar Indonesia. Sebagai Nissan Lovers yang baik, yuk cari tahu kenapa AC mobil Anda tidak terasa sampai jok belakang!

1. Freon Mulai Habis

Selain lamanya pemakaian, freon yang tidak awet dikarenakan pemakaian kendaraan yang tidak teratur. Misalnya menyalakan AC sambil membuka jendela mobil. Selain itu, kebocoran menyebabkan freon cepat habis. Beberapa kebocoran terkadang ditemukan pada sambungan pipa AC atau pada seal shaft compressor-nya.

Untuk membedakannya sebenarnya tidak terlalu sulit. Apabila freon habis, maka walaupun dalam keadaan on dan di-setting dengan suhu rendah, tetap tidak menghasilkan dingin. Sedangkan apabila relief valve atau seal shaft compressor rusak, maka kemungkinan besar AC tetap bisa menghasilkan dingin namun tidak sedingin seperti yang dibutuhkan.

2. Fan Belt AC Putus

Putusnya Fan Belt AC menyebabkan AC ikut tidak dingin. Hal ini dikarenakan sabuk atau belt ini berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor.

3. Radiator Kotor

Debu adalah salah satu masalah yang seringkali menyebabkan kondisi mesin, terutama radiator dan kondensor menjadi kotor sehingga kinerjanya akan berkurang. Kotoran-kotoran tersebut menyebabkan mesin AC berkarat dan pembuangan panas menjadi tidak maksimal. Dampaknya, freon yang dibutuhkan harus lebih tinggi sehingga kinerja kondesor tidak sempurna.

4. Overheat pada Sistem AC

Overheat bisa terjadi apabila tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan yang besar dapat menyebabkan putusnya magnetic clutch atau bisa juga menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak bisa bekerja dengan maksimal.

5. Cuaca Panas

Cuaca panas, terutama pada siang hari juga dapat menyebabkan AC tidak bisa bekerja dengan maksimal termasuk apabila ditambah dengan penumpang yang terlalu banyak. Namun, penggunaan The All New Nissan Terra dapat meminimalisir AC yang tidak terasa sampai jok belakang dikarenakan AC yang tersedia ada pada front seat dan second seat. So, enjoy the journey!