Banyak orang yang masih bingung bahkan salah kaprah tentang kapan waktu yang tepat untuk servis mobil. Akibatnya, mobil baru dibawa ke bengkel dan diservis ketika kondisinya sudah cukup parah sehingga biaya perbaikannya pun cukup besar. Nah, kenapa harus menunda untuk membawa mobil Anda ke bengkel?

Padahal sudah jelas bahwa merupakan sebuah kewajiban bagi Anda yang memiliki mobl untuk melakukan perawatan berupa servis secara berkala. Sebab dengan melakukan servis, dapat meminimalisir kemungkinan mobil yang tiba-tiba mogok di tengah jalan. Jika Anda masih bingung tentang waktu yang tepat untuk servis mobil, berikut ini tanda-tanda yang perlu Anda perhatikan.

1. Melebihi batas jarak tempuh

Saat jarak tempuh mobil sudah melebihi batas wajar, maka Anda perlu membawanya ke bengkel untuk diservis. Misalnya, ketika angka di speedometer menunjukkan jarak 1000 km, 2000 km, 3000 km, 5000 km, 10000 km, dan seterusnya. Untuk mengetahu batas wajar jarak tempuh sebuah mobil, Anda bisa melihat buku panduan yang didapat saat membeli mobil tersebut.

2. Waktu pemakaian sudah melampaui batas

Mobil yang sering dipakai tentu memiliki jarak tempuh yang besar dibanding mobil yang jarang dipakai. Nah, pada intinya, waktu servis ditentukan dengan seberapa sering Anda mengendarai mobil tersebut.

3. Terdengar suara bising pada mesin

Suara mesin akan terdengar saat mobil dihidupkan dan dikendarai oleh pemiliknya. Namun, suara mesin tidak selamanya terdengar halus. Jika suara mesin yang Anda dengar berubah menjadi bising atau berbeda dari biasanya, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel.

4. Oli mulai habis

Performa mesin mobil yang kurang bertenaga salah satunya bisa disebabkan oleh oli yang mulai habis sehingga mesin tidak punya tarikan lagi. Jika itu terjadi, maka inilah waktu yang tepat untuk servis mobil. Segera lakukan pergantian oli dan lakukan secara rutin.

5. AC mulai tidak dingin

Ketika AC mobil Anda sudah menunjukkan tanda-tanda, yakni hembusan yang kurang dingin maka itulah waktu yang tepat untuk service mobil. Bawa mobil Anda ke bengkel untuk mempebaikinya dan jangan lupa untuk memeriksa komponen lainnya juga. Kerusakan komponen AC biasanya disebabkan karena menumpuknya kotoran.

Jadi, apabla salah satu dari gejala yang sudah disebutkan terjadi, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diservis. Sampaikan keluhan yang dirasakan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, servis bisa Anda lakukan secara berkala sebelum gejala kerusakan muncul dan kondisi mobil sudah parah.