Nissan Terra sebagai penerus SUV besutan Nissan akan segera hadir di Indonesia. Inilah saatnya bagi Anda pecinta mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) untuk mempersiuapkan diri, termasuk mengetahui hal-hal detail mengenai perawatan mobil yang berbodi gagah itu. Salah satunya yaitu tentang waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem

Pasalnya, minyak rem mobil memiliki peran begitu penting untuk melumasi komponen dari sistem pengereman. Oleh sebab itu, harus dirawat dengan benar untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

Perlu diketahui, minyak rem terbuat dari bahan sintetis bersifat asam yang berbeda dengan cairan-cairan yang digunakan pada sistem hidrolik manapun. Rem bekerja dengan mengubah energi gerak ke energi panas. Jadi terbayang betapa panasnya suhu rem saat ia bekerja.

Suhunya bisa mencapai 200 derajat celcius. Dengan suhu seperti ini, diperlukan cairan khusus yang lebih tahan panas seperti minyak rem.

Tapi minyak rem juga memiliki boiling point atau titik didih sekitar 240—260 derajat celcius. Lebih tinggi kan, tapi titik didih ini  bisa turun hampir 50 %. Salah satu faktor yang menurunkan boiling point ini adalah kandungan air didalam minyak rem.

Dalam satu tahun, ada sekitar 3 % air didalam sistem hidrolik rem. Jika kandungan airnya seperti ini, maka boiling point minyak rem bisa turun diangka 160 derajat celcius. Tentu ini berbahaya apalagi ketika dalam posisi kecepatan tinggi kita mengerem. Minyak rem bisa mendidih nantinya.

Lantas, kapan minyak rem harus diganti?

Secara umum, penggantian minyak rem ini dilakukan pada interval 2 tahun atau pada 40.000 Km pemakaian. Namun, tergantung minyak rem yang dipakai, kalau minyak remnya bagus, masih tahan hingga 2 tahun pemakaian tanpa masalah. Tapi jika minyak rem murahan, mungkin setahun saja sudah ngempos.

Apabila lebih dari dua tahun, kandungan air pada minyak rem akan semakin banyak. Dalam kurun waktu dua tahun saja sudah sekitar dua hingga tiga persen memiliki kandungan air di dalamnya. Semakin banyak air, maka titik didihnya juga akan terus menurun.