Rem merupakan hal yang paling krusial dalam keamaan saat berkendara. Menurut data statistik (litbang Kompas) 2012, penyebab kecelakaan dengan rating nomor 2 teratas adalah disebabkan kondisi rem yang blong. Nah, untuk meperkecil angka tersebut yang terus naik dari tahun ke tahun yuk Nissan Lovers, mari kita intip seputar kampas rem mobil demi keselamatan pengendara. Walaupun rem dan kampas rem merupakan dua komponen yang berbeda, kerusakan rem dapat dideteksi melalui kondisi kampas rem. Berikut seputar kampas rem mobil yang wajib Anda ketahui:

1. Muncul Bunyi Saat Melakukan Rem

Bunyi decitan yang muncul saat melakukan rem dikarenakan telah habisnya kampas rem. Kosongnya kampas rem mebuat besi saling bergesekan sehingga, timbullah bunyi-bunyi yang tidak mengenakkan. Jika hal ini telah terjadi, segeralah lakukan pengecekan. Alangkah baiknya lagi Nissan Lovers sebagai pengendara yang budiman untuk segera mengganti kampas rem. Sedangkan apabila telah membeli yang beru, usahakan agar kondisinya tetap baik dalam jangka waktu yang lama. Dengan demikian, biaya perawatan mobil Anda menjadi lebih hemat.

2. Terjadi Getaran Saat Melakukan Rem

Hal lainnya yang mengganggu dan membuat khawatir pengendara saat melakukan rem adalah getaran yang dihasilkan. Kondisi kampas rem yang telah habis menjadikan permukaannya tidak rata lagi. Getaran yang terlalu terasa juga dihasilkan akibat kampas rem yang benar-benar sudah habis. Pengendara wajib memahami ini sebagai tanda pergantian dalam hal perawatan.

3. Kedalaman Saat Menginjak Rem

Pernahkah saat menginjak rem mobil, Anda melakukannya lebih dalam dari biasanya. penginjakan yang terlalu jauh menandakan kampas rem yang telah menipis dan harus segera diganti. hal seperti inilah yang sangat berbahaya saat berkendara. Biasanya pengendara menyebutnya ddengan kondisi “rem tidak makan”. Beberapa kecelakaan terjadi di Indonesia diakibatkan pengendara yang tidak begitu perhatian terhadap kendaraan. Terutama truk yang mambawa banyak tumpangan tetapi memilih hemat sehingga rem cenderung dalam kondisi blong.Seputar kampas rem diatas adalah bentuk antisipasi demi keselamatan pengendara. Berbeda Anda memiliki mobil sporty bertipe semi truck seperti Nissan Navara. Walaupun mobil ini di desain dengan fitur Active Break Limited Slip hingga 5 Link Suspension, Anda harus tetap melakukan pengecekan terhadap mobil Anda agar nyaman dipakai dan aman saat berkendara.