Aki adalah salah satu bagian dari kendaraan yang sangat penting bagi mobil, tak terkecuali mobil jenis SUV seperti All New Nissan Terra yang baru saja diluncurkan.. Pasalnya, aki berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke bagian yang lain seperti starter, lampu, dan lain nya.

Karena pentingnya aki untuk mobil Anda, maka memang sangat perlu dilakukan perawatan. Jika tidak, maka akan berdampak pada usia aki.

1. Memeriksa jumlah elektrolit aki

Pertama, rutinlah memeriksa jumlah elekrolit aki mobil Anda. Hal ini sangat mudah di lakukan , Anda hanya melakukan pemeriksaan selama satu bulan sekali. Bila aki berkurang atau berada di bawah garis low level maka itu menandakan bahwa aki sudah berkurang dan membutuhkan tambahan air aki.

2. Memeriksa terminal aki

Langkah yaitu dengan memeriksa terminal aki. Anda sebagai pemilik mobil bisa memeriksanya dengan cara visual yaitu pastikan terlebih dahulu bahwa terminal aki tidak berkarat, terminal aki tidak berjamur, dan terminal aki tidak mengalami kelonggaran.

Apabila aki mobil Anda mengalami jamuran dan berkarat maka Anda bisa membersihkan aki mobil, jika Anda ingin membersihkannya, Anda bisa menggunakan air panas. Jamur akan lebih mudah hilang jika anda siram dengan air panas.

3. Memanaskan mobil

Jika Anda jarang menggunakan mobil untuk bepergian maka Anda juga harus tau cara merawat aki mobil tersebut dengan cara memanaskan mobil setiap hari, walaupun tidak akan Anda gunakan untuk pergi.

4. Memeriksa sistem pengisian

Periksa sistem pengisian dengan melihat indikator pada baterai aki yang ada pada dashbord mobil. Pada saat kunci dalam keadaan on dan mesin mati maka baterai akan menyala. Apabila Anda menghidupkan mesin kendaraan, maka gambar baterai pada aki mobil akan mati. Apabila mesin mobil dalam keadaan hidup dan gambar baterai baterai aki mobil tetap hidup maka aki mobil mengalami permasalahan pada sistem pengisiannya.

5. Menghidupkan mesin saat tidak ada beban

Hindari menghidupkan beban-beban yang berat saat ingin menghidupkan mesin mobil, seperti lampu utama, tv, radio dan lain sebagainya. Apabila mesin dalam keadaan mati dan mesin mati dalam jangka waktu yang lama, maka kapasitas baterai akan terkuras dan lama-lama aki mobil akan tekor.

6. Tune up secara rutin

Lakukan tune up secara rutin. Sebab, jika saat Anda melakukan tune up baterai atau aki mobil jumlah elektrolitnya akan diperiksa, kondisi terminal aki juga akan di periksa. Aki adalah vital bagi kendaraan sehingga menmang diharuskan untuk di rawat agar bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.