Saat berkendara dengan jarak tempuh yang cukup jauh bersama The All New Nissan Terra, jangan pernah remehkan peran music di dalamnya. Jika semua penumpang hanya bisa mengandalkan Anda untuk menyetir, maka persiapan yang berfokus pada konsentrasi jadi makin penting.

Nah, dari berbagai macam aspek persiapan, menghindari kantuk adalah salah satu hal wajib yang perlu Anda lakukan. Untuk menghindari serangan kantuk yang datang mendadak, pilihan musik adalah salah satunya. Berikut ini beberapa pilihan musik yang direkomendasikan bagi pengemudi agar terhindar dari kantuk.

1. Singkirkan playlist lagu yang terlalu nyaman

Lagu-lagu yang terlalu nyaman dan syahdu cocok dimainkan untuk membantu Anda bermeditasi atau sebagai pengantar tidur. Bukannya Anda ingin menghindari kantuk dan tidak ingin dininabobokan oleh lagu? Jangan sampai nanti malah jadi 'bobo selamanya', ya.

2. Pilih daftar lagu andalan

Pilih lagu-lagu yang kebanyakan Anda hapal liriknya. Ikut bernyanyi tentu dapat membantu Anda terjaga dari kantuk. Jadi, jangan ragu ikut bernyanyi meski suara Anda sumbang. Anda bernyanyi bukan untuk meraih album platinum, melainkan untuk meraih keselamatan.

3. Pilih daftar lagu yang Anda dan seluruh penumpang sukai

Jika daftar lagu yang Anda pilih juga disukai penumpang-penumpang lainnya, itu lebih baik lagi. Mereka akan ikut bernyanyi, sehingga Anda juga jadi terjaga dari kantuk. Makin sumbang suara mereka, maka Anda makin tak bisa tidur.

4. Jangan pilih musik instrumentalia

Musik instrulmentalia membuat Anda tak bisa ikut bernyanyi. Sebab, jenis music tersebut tidak mengandung lirik. Kecuali Anda termasuk orang yang penuh improvisasi, boleh dicoba mengarang liriknya sendiri.

5. Jangan pilih musik yang terlalu memancing adrenalin

Ingat, saat perjalanan jauh tersebut Anda tak sendirian. Anda juga membawa keluarga atau kerabat di dalam mobil yang Anda kendarai. Keselamatan mereka menjadi tanggung jawab Anda sebagai pengendara. Untuk itu, jangan pilih musik yang membuat Anda merasa jadi pembalap F1 profesional hingga selalu tancap gas dan menyalip mobil-mobil lain meski tak dibutuhkan.