Kurangnya pengetahuan masyarakat untuk mengganti sparepart membuat pemilik kendaraan berserah ala kadarnya. Tak jarang dari mereka melakukan di bengkel non resmi demi mendapatkan harga yang murah. Tanpa mereka ketahui, pergantian sparepart denganbahan yang tidak tepat menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Selain itu, untukmenghindari rugi dari segi ekonomi dimana penjual tidak mau menerima kembali barangyang sudah terjual maka, Nissan Lovers wajib teliti nih dalam mengamati sebelum membeli. Berikut beberapa komponen terbaik untuk New Grand Livina:

1. Aki

Aki terbaik untuk Grand Livina adalah kapasitas 45 Ah. Namun aki ini sudahdi upgrade menjadi 32 Ah karena mobil ini menggunakan aki dengan kepala kiri.

2. Ban

Setiap ban memiliki karaktreristik masing-masing. Khusus untuk New GrandLivina adalah desain asimetris. Nissan Lovers wajib tahu nih, desain asimetris merupakan ban yang mengombinasikan antara kenyamanan berkendara dan kemampuan melaju di tengah jalan basah. Desain ulir yang dimiliki oleh ban asimetris terdiri dari dua bagian: setengah bagian didesain untuk kondisi jalan basah sedangkan setengahnya yang lain untuk menjamin kenyamanan dalam berkendara.

Model 2-in-1 menjadi daya tarik utama dan semakin marak dimiliki beberapa kalangan pengendara mobil. Bridgestone Ecopia menjadi jawaban dan sangat cocokuntuk kendaraan bersegmentasi MPV (Multi-Purpose Vehicle) seperti Nissan GrandLivina.

3. Oli

Yang wajib diperhatikan saat mengganti oli adalah kekentalannya. Oleh sebab itu, Anda wajib menyesuaikan oli dengan yang dianjurkan oleh pihak produsen mobil Anda. Biasanya yang memiliki kualitas bagus selain oli Nissan dari bengkel resmiadalah 5W-30. Yuk, Nissan Lovers kenali! Makna dari angka depan 5W menandakan kekentalan (viskositas) pada suhu dingin, dan angka di belakang 30 berarti kekentalan di saat suhu tinggi.

Arti dari kode 5W yaitu grade dari oli tersebut pada saat dingin kekentalannya seperti oli dengan rating kekentalan 5, sedangkan 30 yaitu pada saat oli panas, viskositasnya tidak menjadi lebih encer dari oli dengan rating viskositas 30. Semakin kecil angka di depan, berarti mesin akan mudah dinyalakan dalam suhu yang rendah (dingin).

Sebagai informasi, makin besar angka nya berarti makin kental. Angka palingkecil yaitu 0, kekentalannya seperti air, jadi cair banget. Kemudian 5, sedikit agakkental, lalu 10 lebih kental, dan 15 kental. Begitu juga dengan angka di bagianbelakang paling rendah 30 sedikit kental, 40 agak kental, 50 kental.