1

Setiap mobil memiliki beberapa komponen penunjang sebagai alat penggerak, fitur keselamatan, maupun kenyamanan. Oleh karena itu, komponen mobil tersebut perlu diberikan perhatian khusus dan servis secara berkala.Berikut ini adalah beberapa komponen pada mobil yang biasanya harus dilakukan pemeriksaan dan perbaikan secara berkala.

1. Air Condition (AC)

Service AC secara rutin sangat dianjurkan seperti ganti pelumas, refigeran, dan pembersihan. Biasanya, service ini dilakukan setahun sekali atau setiap 10.000 km (dalam kota) hingga 20.000 km (luar kota). Namun, jika tinggal dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, service rutin AC bisa dilakukan setiap 3.000 km.Untuk mobil keluaran Jepang, biaya service AC dipatok sekitar Rp300.000 hingga Rp 575.000. Sementara untuk mobil keluaran Eropa membutuhkan biaya Rp1.100.000 hingga Rp2.000.000. Biaya tersebut relatif sesuai dengan jenis mobil dan tingkat kesulitannya. Proses service AC sendiri memakan waktu sekitar satu hingga delapan jam.Perlu diperhatikan juga, jika freon cepat habis, itu berarti kemungkinan ada kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin kendaraan anda. Untuk itu, perlu diteliti lebih lanjut mengenai kerusakan tersebut sebelum diisi ulang freonnya.

2. Spooring dan Balancing

Kondisi roda mobil yang lurus dan seimbang merupakan salah satu faktor penunjang kenyamanan Anda dalam berkendara. Mobil yang sering melewati jalan rusak atau berlubang dapat mengakibatkan presisi ban mobil cepat berubah. Maka dari itu, melakukan perbaikan spooring dan balancing merupakan solusi terbaik untuk menciptakan kenyamanan pada mobil Anda.Spooring merupakan proses meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal sesuai dengan pengaturan pabrikannya. Biasanya, roda yang akan diluruskan dan diatur lagi adalah dua roda depan. Sementara itu, balancing adalah proses menyeimbangkan kembali. Empat roda mobil Anda harus dipastikan putarannya seimbang. Biasanya ini akan dilakukan setelah penggantian ban atau velg.Banyak bengkel yang menawarkan jasa spooring dan balancing dengan harga yang sangat variatif. Harga spooring dan balancing sangat tergantung dengan model mobilnya. Untuk balancing biasanya Rp30 ribu per roda.

3. Kaki-Kaki

Kaki - kaki mobil seperti ball joint, tierod, stabilizer dan booshing memiliki usia pakai dan harus diganti setiap 100.000 km atau sekitar 5 tahun sekali. Itu pun jika mobil digunakan mayoritas di jalan yang mulus dan digunakan secara wajar. Pasalnya, karakter pengemudi yang kasar dapat mengurangi usia pakai hingga setengahnya.Ketika komponen tersebut sudah mulai aus, maka akan muncul gejala-gejala kerusakan, seperti pada ball joint dan tierod biasanya akan mengeluarkan suara berisik. Jika kondisi tersebut didiamkan maka kerusakan akan semakin parah dan bisa mengakibatkan ban copot dari tempatnya.Perbaikan dapat dilakukan dengan mengganti pemakaian dengan produk rekomendasi pabrikan (jika produk yang sekarang dipakai bukan rekomendasi dari pabrikan). Selain terjamin originalitasnya, ketahanan barang juga bisa seperti sedia kala. Namun tentu harganya relatif lebih mahal.Sebagai alternatif, Anda dapat merekondisinya dengan menggunakan bahan polyurethane. Alternatif ini dapat menekan biaya hingga 50%. Ball joint, tierod dan link stabilizer bawaan mobil dicopot dan bagian yang rusaknya diganti menggunakan bahan polyurethane. Begitu pula dengan booshing-booshing. Rata - rata pengerjaan yang dilakukan menghabiskan waktu sekitar 3 jam lamanya. Kisaran harga untuk jasa perbaikan mulai dari Rp600.000 hingga Rp9 juta.