Jika mengingat komponen penting lainnya yang harus dipenuhi pada sebuah mobil, kaca film mungkin dianggap tidak begitu penting. Padahal, ada banyak sekali keuntungan memakai kaca film pada mobil Anda.

Bahkan, mobil jenis SUV sekelas Nissan Terra yang akan segela diluncurkan pun sebaiknya menggunakan kaca film. Nah apa saja sih kehebatan dari sebuah kaca film?

1. Mengurangi cahaya matahari yang masuk

Tugas dan fungsi utama dari sebuah kaca film sangat jelas untuk mengurangi sinar matahari yang akan masuk ke dalam kabin. Di mana dikatakan cahaya matahari bisa menimbulkan paparan gelombang infra merah dan ultraviolet (UV) pada kulit. Kaca fil dapat membantu mengurangi efek paparan cahaya matahari bagi pengemudi maupun penumpang mobil.

2. Meningkatkan penampilan

Tampil beda dan bergaya kini ikut menjadi peran penting dalam memilih kaca film. Kaca film dianggap dapat memberikan nilai eksklusif pada mobil. Selain itu, kaca film juga tersedia dalam berbagai warna dengan tingkat kegelapan yang berbeda untuk menyesuaikan dengan warna dan karakter mobil.

3. Efisiensi energi

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kaca film dapat mengurangi cahaya matahari yang masuk ke kabin, sehingga dapat mencegah kenaikan temperatur dalam mobil serta membantu menjaga aktifitas pendingin ruangan tidak berlebihan. Juga, membuat mobil semakin irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

4. Menjaga privasi

Privasi kini menjadi unsur penting disaat Anda berkendara. Dalam hal ini, kaca film dapat menjaga privasi pengendara dan penumpang yang berada di dalamnya. Dimana orang-orang di luar mobil tidak bisa leluasa melihat isi mobil maupun aktivitas penumpang karena terhalang kaca film.

5. Mengurangi resiko kejahatan

Kaca film dapat mengurangi risiko kejahatan karena menghalangi pandangan orang dari luar terhadap barang-barang yang berada di dalam mobil. Hal ini mempersulit orang yang berniat mengambil barang berharga di dalam mobil atau melakukan sesuatu terhadap penumpang di dalamnya.

6. Mengurangi pantulan cahaya pada kaca

Cahaya dari luar mobil akan terpantul sebagian pada kaca. Karena kaca film mengurangi cahaya matahari yang masuk, maka lebih sedikit pantulan cahaya pada kaca, terutama pada kaca depan. Hal ini bisa meningkatkan kenyamanan dalam mengemudi dan mengurangi kelelahan mata.

7. Meningkatkan keamanan

Kaca film biasanya terdiri dari lapisan bahan polyester, logam, dan perekat khusus. Fungsinya 'memegang' kaca ketika mengalami benturan. Ketika terjadi benturan, kaca tidak langsung pecah tapi tetap merekat pada kaca film, sehingga mengurangi kemungkinan melukai penumpang di dalam kabin.