Apakah Anda baru saja berkeinginan memiliki mobil jenis SUV seperti The All New Nissan Terra? Nah, sebelum itu ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui untuk merawat mobil gagah itu agar tetap prima. Salah satunya yaitu soal bagaimana merawat AC mobil tersebut.

Kabin mobil yang bersih, selain segar dan sehat juga akan membuat rasa nyaman ketika berkendara, baik bagi pengemudi maupun penumpang. Menjaga kabin mobil tetap nyaman salah satunya dapat dilakukan dengan menjaga udara tetap segar agar perputaran sirkulasi secara sempurna. Untuk itu, mari mengenal penyebab dan cara mengatasi masalah yang kemungkinan bisa terjadi pada AC mobil Anda.

AC mobil mengeluarkan bau

Pada dasarnya, komponen yang ada pada AC mobil tidak dapat mengeluarkan bau apek yang tidak sedap. Jika memang didapati hal seperti ini pada kendaraan Anda, mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Penggunaan pengharum mobil yang asal-asalan. Bahan yang digunakan pengharum yang asal tersebut cenderung berkualitas rendah, sehingga dapat mengotori evaporator dan sulit untuk dibersihkan.

Kotoran dan debu yang terdapat dalam kabin. Hal ini dikarenakan sering berkendara dengan kondisi jendela terbuka, penggunaan sendal dan sepatu yang kotor saat naik mobil dan sebagainya. Kotoran dan debu tersebut yang kemudian menempel di evaporator dapat menjadi penyebab tumbuhnya jamur penyebab bau kurang sedap.

AC mobil tidak dingin

Masalah ini sepertinya yang paling banyak dikeluhkan pemilik mobil. Sayangnya, jika kita pergi ke bengkel AC mobil yang kurang terpercaya akan selalu diinformasikan bahwa freon habis dan tinggal diisi ulang saja. Padahal menurut beberapa sumber, freon tidak akan habis untuk waktu yang lama.

Jika sampai freon habis, itu berarti ada kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin kendaraan Anda. Untuk itu, perlu diteliti lebih lanjut masalah atau kerusakan sebelum mengisi ulang freon, atau sebaiknya Anda pergi ke bengkel resmi.

Cara merawat AC mobil

Agar AC mobil tetap awet dan selalu bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan, maka ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Rajin membersihkan kabin dari kotoran dan debu, khususnya pada karpet bagian depan.
  • Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan.
  • Jangan merokok dalam kondisi AC mobil menyala.
  • Jika menyalakan mobil pastikan posisi AC dalam kondisi mati. Tunggu hingga kerja mesin stabil baru kemudian menyalakan AC.
  • Bersihkan kondensor saat Anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.
  • Jika parkir, sebisa mungkin pilih tempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari terik. Hal ini agar kabin tidak terlalu panas sehingga kerja AC tidak terlalu berat saat dinyalakan.