Ada kalanya mobil yang Anda kendarai terpaksa harus parkir di daerah tanjakan. Nissan Lovers, berikut smart tips yang perlu diketahui agar mobil Anda tetap dalam keadaan aman saat parkir di daerah tanjakan:

1. Aktifkan Rem Tangan

Rem tangan merupakan salah satu komponen  yang dijadikan sistem keselamatan pada mobil. Gunanya  adalah sebagai pengunci roda belakang supaya tidak dapat bergerak maju ataupun mundur saat melakukan parkir. Bayangkan jika tidak ada rem tangan, pengendara akan kesulitan untuk memarkir di daerah tanjakan. Namun, menggunakan rem tangan yang keliru dapat menyebabkan kabel rem lebih cepat putus loh, Nissan Lovers. Rusaknya kabel rem justru menambah biaya untuk memperbaikinya. Jadi, sebelum Anda menambahkan gas pada mobil Anda, pastikan rem tangan dalam keadaan unlock. Jadi saat Anda melepaskan rem tangan dan menambahkan gas, harus stabil dan seimbang sehingga kabel rem tidak cepat putus.

2. Aktifkan Mode Parkir

Untuk mobil matic, lakukan pencocokan tuas transmisi dengan kondisi jalan. Hal ini dapat dilihat dari seberapa miring kondisi tanjakan, lumayan landai atau terlalu curam.

3. Mengunci Setir Mobil

Dalam keadaan seperti ini, kunci setir yang dimaksud adalah kunci setir otomatis. Jadi bukan mengunci dengan menggunkan alat. Setelah mengunci mobil, pengendara memutar setir terlebih dahulu sekitar 60 - 75 derajat sampai setir mobil tak dapat digerakan kembali. Untuk di daerah tanjakan, Anda perlu mengunci setir ke arah trotoar. Hal tersebut dilakukan agar menghindari pergeseran mobil dikarenakan turun dengan tidak sengaja. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa mengunci setir mobil saat meninggalkan mobil di tempat parkiran dapat merusak steering mobil. Kondisi ban yang tidak lurus saat setir terkunci bisa memengaruhi power steering apalagi saat mobil parkir di daerah tanjakan.

Nissan Lovers, be smart! Ternyata mengunci setir mobil tidak dapat merusak steering mobil dikarenakan tidak ada hubungan diantara keduanya. Justru mengunci setir mobil dalam keadaan parkir dapat memberikan keamanan pada mobil Anda dari pencurian. Mengapa? Karena untuk mengaktifkan kembali setir agar dapat bekerja, kunci mobil harus terlebih dahulu dimasukan. Setelah itu, mobil dapat kembali berputar dengan normal.