1

Persiapan matang perlu dilakukan pengemudi kendaraan, khususnya roda empat. Bukan hanya soal skill berkendara, tapi juga terkait dengan berbagai peralatan yang sekiranya diperlukan dalam kondisi mendesak. Penting untuk diperhatikan, setidaknya ada 9 peralatan yang mestinya ada pada SUV Nissan Terrano milik Anda.

Pasalnya, tak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi di jalanan. Jadi memersiapkan segalanya dengan matang dan lengkap penting untuk diperhatikan. Seperti yang tertuang dalam Undang-undang Nomor  22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta dari sisi keselamatan.

Pertama, di dalam mobil harus tersedia minimum toolkit, seperti kunci roda, kunci pas, dongkrak dan beberapa peralatan teknis lain. Peralatan ini jangan diletakkan di kabin penumpang, tapi di bagasi belakang.

Kedua ban cadangan, di mana ini merupakan hal yang tidak bisa ditolak dan sudah tertera jelas di UU LLAJ. Bahkan, jika ketahuan tak membawa ban cadangan akan dikenakan sanksi denda atau penjara.

Ketiga, segitiga pengaman. Alat ini diperlukan untuk mengamankan mobil ketika berada dalam kondisi mogok atau kecelakaan.

Keempat, rompi pengaman dengan warna menyolok, digunakan bersamaan dengan segitiga pengaman. Di luar negeri (emergency equipment), komponen ini wajib hukumnya. Namun sayang, di Indonesia komponen ini tak masuk dalam anjuran.

Kelima, kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). P3K idealnya berisi dari kasa steril, plester berbagai ukuran, sarung tangan untuk menangani luka perdarahan, antiseptik, gunting, serta obat-obatan pribadi.

Keenam, Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Banyak kecelakaan diikuti dengan kebakaran. Kerusakan pada mobil seperti korslet juga bisa menyebabkan kebakaran pada mobil.

Ketujuh, power bank untuk jumper aki mobil. Jika zaman dulu hanya ada kabel jumper dan membutuhkan mobil lain untuk membantu menyalakan aki mobil, tapi kali ini sudah ada semacam power bank, jadi tak perlu repot mencari mobil lain.

Kedelapan, alat pemecah kaca mobil. Komponen ini juga wajib ada di dalam mobil, dan harus ditempatkan di dalam mobil dan terjangkau. Perlu diperhatikan juga penyimpanannya harus dilertakkan aman, karena jika tidak bisa jadi boomerang dan melukai penghuni kabin.

Kesembilan, alat kejut listrik (stun gun) atau pepper spray untuk membela diri terutama untuk perempuan yang menggunakan kendaraan roda empat, untuk mobilitas sehari-hari.

Semua peralatan yang sarankan tersebut tak hanya berlaku untuk Nissan Terrano saja tapi juga untuk Nisan Terra Indonesia yang akan diluncurkan pada Agustus 2018 mendatang.