Berkendara Semakin Aman dengan 6 Fitur Keselamatan Nissan Terra!

17 Februari 2023

Berkendara Semakin Aman dengan 6 Fitur Keselamatan Nissan Terra!

Jika Anda sedang berencana untuk membeli sebuah mobil SUV, pastinya Anda ingin memiliki mobil SUV yang bisa melewati segala jenis medan dengan aman. Benar, bukan? Dengan begitu, Anda bisa melewati jalanan berbatu, menaklukan tanjakan, serta menerobos banjir dengan lebih tenang dan aman.(hindari bahasa menerobos banjir)

Nah, jika bingung memilih di antara banyaknya merek SUV yang tersedia, Anda bisa mempertimbangkan Nissan Terra untuk menjadi SUV pilihan Anda dan keluarga. Nissan Terra adalah mobil SUV yang dibuat dengan memperhatikan kenyamanan serta keamanan pengemudi maupun penumpang.

Untuk menemani kemampuan Nissan Terra dalam menerjang segala medan, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur keselamatan yang canggih. Memangnya, apa saja fitur keselamatan pada Nissan Terra?

6 Fitur keselamatan dari Nissan Terra

Nissan Terra sebenarnya(ganti sebenarnya dengan kata “telah”) dilengkapi dengan banyak fitur yang membuat pengalaman berkendara Anda menjadi lebih nyaman dan aman. Berikut adalah beberapa di antaranya:

- Sistem pengereman ABSIntelligent Forward Collision Warning

Sistem pengereman Nissan Terra menggunakan Anti-lock Brake System atau yang dikenal sebagai ABS. Dengan sistem (rem ABS) pengereman ini, ban tidak akan terkunci saat Anda mengerem (ganti mengerem dengan “melakukan pengereman”) secara mendadak atau ketika jalanan licin. Dengan begitu, ban akan tetap mendapat traksi dan mobil dapat segera berjalan seperti semula setelah kejadian tersebut.

Sensor akan memberi peringatan berupa bunyi kepada pengemudi jika ada potensi terjadi tabrakan dengan kendaraan di depan. Sensor ini bertugas untuk membaca jarak aman dalam berkendara dengan kendaraan di depan pengemudi.

- Brake assist Intelligent Emergency Braking

Selain penggunaan rem ABS, Nissan Terra juga memiliki fitur brake assist yang dinamai Electronic Brake Force Distribution atau EBD. dengan sistem ini, brake assist akan mendeteksi jika Anda harus mengerem mendadak karena keadaan darurat.

Apabila demikian, maka mobil akan melakukan pengereman secara maksimal untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Pengereman maksimal ini dapat dilakukan karena fitur EBD didesain untuk memberikan tenaga lebih pada rem belakang jika ada muatan ekstra di belakang mobil.

Jika sebelumnya sensor bertugas untuk menjaga jarak aman dengan pengemudi didepan, maka fitur ini akan bertugas untuk mengintervensi fungsi rem jika pengemudi tidak menghiraukan sensor dari IFCW. Mobil akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan di depan. Kedua fungsi pertama bekerja secara simultan untuk menghindari adanya tabrakan dengan kendaraan di depan.

- Vehicle Dynamic Control Intelligent Around View Monitor with MOD

Berikutnya adalah fitur Vehicle Dynamic Control yang sangat berguna pada saat melewati jalanan licin. Saat Anda mengendarai mobil melewati tikungan yang licin, pasti ada kemungkinan mobil akan sulit dikendalikan dan justru berbelok ke arah yang tidak diinginkan.

Nah, fitur VDC bertugas untuk memonitor apakah risiko tersebut benar-benar terjadi atau tidak. Jika memang terjadi, VDC akan memberi respons yang dapat mengembalikan kontrol mobil. Caranya, tenaga mesin mobil akan dikurangi serta tekanan rem pada ban tertentu akan ditambah.

Fitur ini berfungsi untuk membantu pengemudi untuk dapat melihat kondisi sekitar mobil secara 360 derajat, sehingga semua sisi dapat terlihat jelas mulai dari depan hingga kebelakang dan tampak samping kiri dan kanan. Fitur ini memudahkan pengemudi khususnya jika melewati jalan yang sempit. Selain itu, fitur ini akan membaca obyek yang bergerak di belakang mobil jika pengemudi sedang memundurkan kendaraan dan memberi peringatan jika jarak terlalu dekat dengan obyek bergerak tersebut.

- Sistem airbag yang canggih Intelligent Rear View Mirror

Jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, Nissan memiliki perlindungan bagi pengemudi maupun penumpang berupa Nissan Advanced Airbag System. Dengan sistem ini, posisi dan jumlah airbag telah diatur sedemikian rupa untuk mengurangi risiko yang bisa terjadi saat adanya benturan. Intelligent Rear View Mirror berfungsi untuk memperkuat fungsi kaca spion tengah agar dapat memberikan pandangan yang jauh lebih jernih. Fitur ini berupa kamera yang ditampilkan pada kaca spion tengah sehingga tetap dapat memberikan pandangan jika baris ketiga berisi barang yang penuh hingga menutup kaca belakang.

- Zone Body Construction Lane Departure Warning

Fitur berikutnya bisa dilihat pada kerangka mobil Nissan Terra yang dibuat dengan prinsip Zone Body Construction. Artinya, Nissan Terra dibangun dengan konstruksi seoptimal mungkin untuk meredam benturan dan melindungi penumpang.

Jadi, Nissan Terra memiliki crumple zone atau zona benturan yang didesain sedemikian rupa untuk mengurangi energi yang dihasilkan dari benturan dengan benda lain. Selain itu, bagian rangka kabin mobil akan dibuat sekuat mungkin dengan perlindungan ekstra agar tidak mudah berubah bentuk.

Dengan dibuatnya kerangka mobil menjadi berbagai zona tersebut, maka energi tabrakan yang diterima oleh penumpang akan sangat berkurang. Namun, penumpang juga tetap terlindungi karena adanya kerangka kabin yang kuat.

Marka jalan dibuat agar pengemudi dapat tetap berada di lajur yang seharusnya dan mentaati rambu yang berlaku. Jika rambu garis lurus, pengemudi diwajibkan untuk tetap berada di dalam garis tersebut untuk dapat menjaga posisi mobil dan dapat mengurangi potensi bahaya di jalan raya. Fitur ini berfungsi untuk membaca pergerakan ban agar tidak keluar dari garis tersebut dan memberi peringatan agar dapat kembali ke lajur sebelumnya.

- Sistem monitor tekanan ban Blind Spot Warning

Kurangnya tekanan angin pada ban mobil dapat menyebabkan beberapa kerugian, seperti membuat ban cepat aus, tarikan jadi lebih berat, hingga boros bahan bakar. Oleh karena itu, memonitor tekanan ban adalah hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan perjalanan.

Pada Nissan Terra, Anda dapat dengan mudah mengetahui kapan tekanan angin ban telah berada di bawah batas minimum melalui display yang tersedia. Selain itu, sistem juga akan secara otomatis membunyikan klakson saat pengisian angin pada ban dianggap sudah pas.

Fitur ini sudah menjadi standar bagi kebanyakan mobil premium yang ada di Indonesia. Fungsi dari fitur ini adalah berupa sensor yang akan mendeteksi kendaraan lain yang mendekat ke titik buta kendaraan dari arah belakang dan lampu indikator dari sisi yang sama akan menyala untuk memperingatkan pengemudi jika hendak berpindah lajur.

- Rear Cross Traffic Alert

Fitur ini memberikan peringatan dengan suara dan lampu indikator ketika sensor mendeteksi kendaraan lain mendekat dari belakang saat bergerak mundur untuk menghindari adanya potensi tabrakan.

- Intelligent Driver Alertness

Fitur terakhir ini memberi peringatan bagi pengemudi untuk segera beristirahat apabila sistem mendeteksi adanya perilaku berkendara yang berbeda dari pola berkendara biasanya.

Itulah enam di antara banyaknya fitur keselamatan canggih yang ada pada Nissan New Terra. Bagaimana, jadi ingin menjelajah bersama dengan mobil SUV yang satu ini? Yuk, cari info selengkapnya seputar Nissan Terra di website resmi Nissan Indonesia dan follow Instagram kami di @nissanid!