Beli Mobil Listrik Tahun 2023? Ini Cara Cek SPKLU Terdekat!

27 Januari 2023

Beli Mobil Listrik Tahun 2023? Ini Cara Cek SPKLU Terdekat!

Dalam rangka menangkal dampak buruk dari perubahan iklim, penggunaan mobil listrik semakin didorong karena moda transportasi ini lebih ramah lingkungan. Namun, masih ada orang yang ragu-ragu memiliki mobil listrik karena tidak tahu letak stasiun pengisian daya mobil listrik. Lalu, bagaimanakah cara mengetahui lokasi SPKLU terdekat saat berada di luar dan berapa biaya isi ulang baterai di tempat charge mobil listrik? Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Sudah ada 346 SPKLU, target 24 ribuan

Kementerian ESDM telah memasang target pembangunan sekitar 24 ribu unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada tahun 2030. Dengan adanya SPKLU terdekat yang memadai, pemerintah berharap masyarakat mulai mempertimbangkan untuk beralih ke mobil listrik.

Sejauh ini, 346 SPKLU telah tersebar di 250 lokasi di Indonesia dan siap digunakan oleh pengemudi mobil listrik. Angka ini memang masih agak jauh dari target yang ditentukan Kementerian ESDM, tetapi tren peningkatannya selalu konsisten. Contohnya, pada bulan November 2022, jumlah tempat charge mobil listrik sudah bertambah menjadi 439 unit di 328 lokasi.

Harga isi baterai mobil listrik

Kini, pastinya Anda ingin mengetahui seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan fasilitas SPKLU terdekat. Jawaban pastinya bergantung dari masing-masing penyedia layanan tempat charge mobil listrik. Namun, panduan dari pemerintah dapat memberi gambaran kasar bagi Anda.

Demi menciptakan kompetisi bisnis, harga listrik dijual dengan terjangkau. Panduan dari PLN membatasi tarif isi ulang baterai mobil listrik hingga Rp2.475,00 per kWh untuk layanan fast charging dan ultra charging. Sementara itu, pengisian dengan tegangan rendah atau slow charging memiliki batasan maksimum Rp1.650,00 per kWh.

Cara cek SPKLU terdekat lewat aplikasi

Menemukan SPKLU terdekat menjadi lebih praktis berkat kemajuan teknologi. Untuk mengetahui tempat charge mobil listrik yang tidak jauh dari lokasi Anda, PLN telah merilis aplikasi Charge.IN yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Sebelum bisa menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Namun, proses pendaftarannya sangat mudah karena hanya memerlukan alamat e-mail aktif. Jika pendaftaran Anda berhasil, Anda bisa langsung mencari SPKLU di sekitar dengan menerapkan filter lokasi.

3 tips isi baterai mobil listrik

1. Biasakan charge sampai 90 persen

Mengisi ulang baterai mobil listrik hingga 100 persen akan mempercepat degradasi komponen baterai. Akibatnya, baterai Anda tidak akan awet. Mengapa demikian?

Pada dasarnya, baterai mobil listrik memiliki batas siklus pengisian ulang atau charging cycle hingga ribuan kali pengisian. Siklus ini berlaku untuk pengisian baterai hingga penuh, dan jika sudah lewat, kapasitas baterai Anda akan menurun. Jadi, untuk memitigasi risiko ini, sebaiknya Anda berhenti mengisi ulang mobil listrik saat sudah mencapai 90 persen.

2. Tentukan waktu ideal mengisi baterai

Di mana pun Anda berada, jangan lupa memilih saat yang tepat untuk charge baterai mobil listrik karena proses ini membutuhkan waktu dan suplai listrik yang memadai. Apabila Anda sedang berada di rumah, usahakan untuk mengisi baterai mobil listrik pada malam hari atau ketika jumlah aktivitas yang mengonsumsi pasokan listrik sudah berkurang.

Nah, bagaimana jika Anda sedang bepergian? Segeralah berhenti di SPKLU terdekat untuk mengisi daya baterai sebelum melanjutkan perjalanan. Dengan demikian, Anda tidak perlu mencari SPBU listrik yang lebih jauh di saat baterai Anda sudah berkurang banyak.

3. Hindari fast charging

Para ahli menemukan bahwa dengan metode fast charging, mobil listrik akan menerima lebih banyak daya daripada biasanya. Hal ini berisiko membuat suhu baterai bertambah panas hingga merusak selnya. Maka dari itu, hindari fast charging jika Anda tidak sedang terdesak. Sebagai alternatif, gunakan mode slow charging yang menyalurkan daya bertegangan rendah secara stabil dan perlahan-lahan bagi baterai mobil.

Sekarang ini, sudah ada banyak SPKLU terdekat yang tersebar di berbagai lokasi. Mencari tempat charge mobil listrik juga semakin mudah dengan bantuan aplikasi smartphone yang canggih dari pemerintah. Dengan demikian, sekarang Anda sudah tidak perlu ragu-ragu lagi untuk membeli mobil listrik! Temukan mobil listrik idaman Anda di www.nissan.co.id dan nantikan lebih banyak informasi tentang mobil listrik dengan follow Instagram @nissanid!